Home » » Gelar Apel Babinkamtibmas Oleh Kapolda Jawa Tengah

Gelar Apel Babinkamtibmas Oleh Kapolda Jawa Tengah

Written By Redaksi on Jumat, 23 Desember 2016 | 04.37

KLATEN.SuaraPekerja.com.Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah , melakukan kegiatan apel akbar Bhabinkamtibmas dalam rangka deteksi dini masalah intoleransi dan ancaman teror di Gedung Wongso Menggolo Klaten , pada  Kamis (22/12/2016).
Apel Akbar tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, Waka BIK (Badan Intelijen Keamanan) Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto, Para pejabat utama Polda Jateng dan Kapolres jajaran eks-Karesidenan Surakarta.
Selain itu, apel yang diikuti seluruh Polres di jajaran Polda Jawa Tengah itu juga sebagai langkah antisipasi situasi kamtibmas Polda Jateng  menjelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono selaku inspektur apel , memberikan penekanan terhadap para Bhabinkamtibmas, untuk lebih membaur di tengah masyarakat.
“Saya ingin para Bhabinkamtibmas ini sumeh (murah senyum) pada masyarakat,” tegasnya .
Menurutnya , Bhabainkamtibmas tidak hanya selaku pembina masyarakat di tingkat desa , tetapi juga sebagai penyaring informasi dini yang ada di masyarakat.
“Jangan ragu-ragu dalam menyerap informasi dari masyarakat , Bhabinkamtibmas adalah pendeteksi informasi awal di masyarakat, anda adalah kepala desa di wilayah binaan anda, sehingga sewajarnya Polri mendekat dan berbaur terhadap masyarakat ,” jelas Kapolda .
Sementara , Waka BIK Baharkam Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto , memberikan pembekalan lebih mendalam tentang deteksi dini.
Ia meminta agar para Bhabinkamtibmas jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil di masyarakat.
“ Kita tidak boleh menyepelekan persoalaan sekecil apaun , dari pengalaman , kita pernah mengungkap pelaku perampokan dan residivis hanya karena melihat tamu yang tidak dikenal di suatu kampung di Jakarta dan itu saya alami sendiri ,” ungkap Irjen Pol Setyo.
Ditambahkan , waka BIK , mengingatkan agar para Bhabinkamtibmas harus meningkatkan kepekaan serta kewaspadaan di wilayahnya .
Menurutnya, saat ini Polisi masih menjadi sasaran dari kelompok radikal tertentu yang ingin mengganggu keamanan di Indonesia.
Selain sebagai penyaring deteksi dini, Bhabinkamtibmas diharapkan juga mampu melakukan deteksi aksi, yaitu langkah lanjutan saat mengetahui adanya suatu aksi yang dianggap mampu menjadi ancaman keamanan.
“Kita harus memahami betapa kompleksnya tugas kita, Bhabinkamtibmas diharapkan sebagai pioneer dalam mengawal Natal dan pergantian Tahun Baru 2017 dapat berjalan dengan aman ,” imbuhnya .
Dalam acara yang sama pula, Kapolda Jateng memberikan apresiasi berupa penghargaan terhadap Bhabinkamtibmas Polda Jateng yang berprestasi.
Dengan adanya apel ini, diharapkan dapat meningkatkan professional dan kesadaran Bhabinkamtibmas akan tugas yang diembannya, sehingga agenda tahunan masyarakat di penghujung 2016 ini dapat terlaksana dengan lancar dan aman.// Yosep agus.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

4 Mei 2018 pukul 04.22

Awesome issues here. I'm very satisfied to peer your post. Thank you a lot and I am looking forward to contact you. Will you please drop me a e-mail? itunes store login

Posting Komentar

 
| Home | News | Nasional
Copyright © 2011. SuaraPekerja - All Rights Reserved
Pedoman MediaSiber I Redaksi
Syarat dan Ketentuan